Pasuruan, Kota Islam Pertama di Jawa Timur -->

Silakan ketik kata kunci

Recent Posts

Pasuruan, Kota Islam Pertama di Jawa Timur


Oleh Rafif Amir


Menarik sekali penyelidikan yang dilakukan A.M. Luthfi. Ia menulis, berdasarkan laporan Tome Pirez dalam bukunya "Suma Oriental". Pada rentang tahun 1512-1515 seluruh Jawa Timur, termasuk Madura masih memeluk agama Hindu-Budha. Kecuali Kota Pasuruan.

Islamnya Pasuruan di awal abad ke-16 itu disinyalir hampir bersamaan dengan kejatuhan Malaka ke tangan Portugis. Prof H.M.Rasyidi menyebutnya sebagai "blessing in disguise". Karena dengan itu, justru penyebaran Islam semakin cepat meluas.

Jatuhnya Malaka  membuat para dai berbondong-bondong menyebar ke timur dan selatan. Termasuk ke Pulau Jawa. Salah satunya Pasuruan. 

Namun, sebuah sumber menyebutkan, situs Islam pertama di Pasuruan sudah ada sejak abad ke-7 M, yaitu makam Mbah Bangil yang pada nisannya bertuliskan bahasa Arab. 

Bisa jadi penduduk muslim sudah ada dan dibawa para pedagang Arab dan Persia pada abad ke-7. Mengingat saat itu, Pasuruan adalah kota pelabuhan. Hanya saja, perkembangannya belum signifikan.

Islam mulai dominan di Pasuruan kemungkinan sejak Sultan Demak menaklukkan Pasuruan pada awal abad ke-16. Salah satu penyebar Islam yang terkenal di Pasuruan adalah Mbah Sholeh, cucu Sunan Gunung Jati. 

Dengan demikian, A.M. Luthfi menyimpulkan, ada tiga kota di Jawa yang yang sudah Islam pertama kali, yaitu Pasuruan, Demak, dan Giri.
Join Telegram @rafifamir @rafif_amir
Cancel